Pelajaran Dari Belajar Lari

Sebenernya topik ini lebih relevan kalo kuceritain circa 2018-2019 ya. Sekarang udah agak kelamaan. Tapi baru kepikiran buat share ini beberapa waktu lalu.

Jaman masih SMA, aku pernah nulis kalo aku nggak suka banget olahraga di blog ini juga. Se-nggak suka itu sampe rasanya beraatt gitu kalo mau pelajaran olahraga tiap sekolah. Mulainya sejak SD kali ya, aku nggak suka olahraga. Bahkan untuk certain activities gitu aku udah mental break down duluan, misalnya untuk voli, basket, dan yang lain-lainnya yang pake bola. Olahraga yang agak ada semangatnya dikit cuma kalo senam-senaman doang. Yang nilainya agak bagus juga kalo ambil nilai skipping. Sisanya? Auk ah gelap.

Itu tadi kalo di sekolah. Di luar sekolah aku suka renang. Walaupun nggak jago expert sampe bisa renang cepet, segala gaya, atau berkilo kilo, tapi ya bisa lah buat olahraga. Dan bedanya sama olahraga yang lain adalah aku enjoy ngelakuinnya. Tapi tetep aja, aku bukan orang yang sering olahraga. Seminggu sekali aja udah bagus. Itu juga jarang-jarang, cuma kalo dirasa ada waktu dan ada temen barengannya. Lebih sering sok sibuk merasa nggak ada waktu buat olahraga dan lebih milih buat mager-mageran.

Fast forward, waktu kerja makin jarang olahraga. Nggak kayak pas kuliah yang bisa atur sendiri dengan ambil jadwal kuliah siang, pas kerja biasanya jam 9 udah berangkat dari rumah. Terus kalo paginya olah raga dulu insecure ngantuk dan kecapekan di kantor. Dasar kamu banyak alasan.

Sampai akhirnya suatu hari pas lagi daftar-daftar beasiswa dan harus melampirkan surat keterangan sehat, aku ditegur dokter dengan ketus. Tekanan darahku rendah, dan sepertinya dokternya sense something abnormal. Aku ditanya, suka kafein ya? Enggak. Ditanya lagi, habis begadang ya? Enggak. Udah sarapan belum? Udah dok. Oohh nggak pernah olah raga ya? Jarang dok.. jawabnya ragu, mau bilang iya tapi nggak pengen keliatan payah. Lalu beberapa waktu kemudian aku sakit, ada yang bengkak di leher atas menuju rahang kanan. Rasanya sakit, kaku, aneh, susah ngunyah dan nelen makanan, dan benjol keras gitu dan itu tiba-tiba aja, dari yang kemarinnya nggak ada sama sekali. Sebelum ke dokter, dramanya ada banget sih. Nyoba sembuhin sendiri dulu dengan makan bener, vitamin, dikompres dll, tapi sampe seminggu nggak ada tanda-tanda mau kempes. Deg degan parah, sempet insecure itu sesuatu yang buruk. Akhirnya baru ke dokter buat periksa.

Dari dokter umum langsung dirujuk ke dokter bedah dan disuruh USG. Karena berjuang buat pake BPJS, somehow prosesnya berasa lamaa banget semingguan kali baru beres urusan periksa ini. Dan selama itu cuma bisa berdoa terus supaya hasil diagnosanya bukan sesuatu yang buruk. Alhamdulillah nya, benjolan bengkak di kelenjar getah bening itu 'cuma' hasil infeksi dari bakteri yang masuk dari gusi paling belakang yang sebelumnya juga bengkak. Cuma perkara bakteri dari gusi, implikasinya bisa ke mana-mana. Jadi sejak itu aku bertekad buat perhatiin lagi kebersihan dan kesehatan. Sayang banget kalo masih muda udah penyakitan. Apalagi kalo dari awal nggak ada usaha buat jaga diri. Jadi kayak ada sedikit perasaan bersalah. Lesson number one: kenapa nggak dari dulu makan bener, olah raga teratur, istirahat cukup, manage stress.

Kebetulan di saat yang sama, kantorku juga lagi menggalakkan banyak program dan ekskul olah raga kayak yoga, lari, zumba, badminton, ping pong, renang. Udah pasti awalnya aku nggak ikut dong. Tertarik ada, tapi masih enggan join karena sok sibuk padahal selo, sama ngerasa circle di kantor pada nggak ikut juga. Maunya ikut ke yang banyak temennya aja. Tapi gara-gara merasa ditegur lewat peristiwa-peristiwa sebelumnya jadi ngerasa mungkin ini bukan kebetulan, mungkin ini emang udah diatur supaya aku lebih mudah benerin pola hidup.

Namanya juga banyak alasan ya, akhirnya aku milih olah raga yang bisa dikerjain sendiri, yaitu lari. Inget banget dulu jaman kuliah pernah jogging muter GSP dapet 2 lap tuh udah alhamdulillah. Sama juga sama yang ini. Pertama kali lari rasanya naudzubillah. Cuma kuat 2 lap juga, itu juga disambi-sambi jalan (total 3km-an sama jalan-jalannya), pace lambat banget, dapet ~9 atau ~10 min/km juga udah bagus, larinya cuma kuat 100m habis itu jalannya lebih panjang baru lari lagi jalan lagi gituu aja terus. Udahannya napas habis kayak mau pingsan, kaki pegel-pegel, capek banget nggak kuat ngapa-ngapain sampe harus tidur dulu buat recharge tenaga.

Percobaan kedua pun masih sama. Dapet 4km-an dengan pace yang masih segitu aja. Napas juga selalu kehabisan kayak mau pingsan. Letoy, nggak kuat, bahkan sempet mikir kayaknya lari bukan jodohku deh. But then I bumped into my boss's post telling his journey in running that he also did it slowly but sure. Aku juga nemu post nya zee shahab yang juga awalnya nggak bisa lari, tapi berhasil juga sampai finish marathon. Dan banyak cerita-cerita lain dari temenku. Awalnya mau meh aja. Itu kan elu, awalnya susah tapi lama-lama bisa. Lah gua? Kok susah, terus kaga bisa bisa. Progress juga segini-gini aja. Ternyata aku kurang sabar guys.

Di percobaan ketiga kuat 7 km, walaupun masih lari-jalan-lari-jalan. Pacenya juga lebih cepet dari sebelumnya. Seterusnya aku mulai nerapin advice dari temen-temen kalo kita mau lari marathon, bukan sprint, pace tuh dipikir belakangan aja. Yang penting bagusin endurance dulu. Kuatin lari panjang dengan pace yang stabil. Nggak papa kalo bisanya pelan dulu. Itu masih lebih bagus ketimbang lari kenceng tapi jaraknya pendek dan habis itu udah kehabisan tenaga. Biar bisa nerapin ini dengan bener, aku nggak mau liat update an lari temen-temen kantor dulu biar nggak kepancing. Soalnya zuzur aku masih jauh di belakang mereka waktu itu. Masih noobs banget.

Aku rutin latihan lari seminggu 2-3 kali di pagi hari. Dari yang tadinya larinya cuma kuat 100m, lama-lama nambah jadi kuat lari 250m, lalu 300m, 500m, 1km, 2km, dan 4,5km. Di bulan kedua aku udah nyoba 10km, walaupun yang ini masih banyak disambi jalan di akhir-akhir. Dan ternyata bener kata temen-temen kalo pacenya akan membaik seiring dengan aku makin sering latihan. Yang awalnya di 9mins, setelah beberapa minggu nyentuh angka 8, dan setelah berbulan-bulan akhirnya bisa di 7mins/km. Pelan-pelan aku makin kuat lari panjang dan pelan-pelan juga paceku ke build up sendiri. Lesson number two: practice makes perfect.

Jarak total lari yang paling enak menurutku di 5km. Kalo lebih dari itu, setelahnya berasa capek banget dan butuh istirahat siang harinya. Padahal kan aku harus kerja. Pace yang paling enak juga di 8mins/km. Kalo mau dipush lagi masih ngerasa terlalu capek. Mungkin di kasus ini cuma perlu teknik yang bener dan nambah latihan lagi aja kali ya biar makin kuat jarak panjang dan bisa pace cepet. Cuma di sini ada Lesson number three: be yourself, do it in your own pace. Lagi pula aku bukannya mau jadi atlet atau apa, kan.

Setahun latihan lari, aku tergoda juga ikutan independence run di kantor. Lumayan ada motivasi buat rajin olah raga karena ada peringkatnya yang tiap minggu diupdate. Kali ini aku bikin target small wins aja, yaitu masuk 10 besar kategori cewek dan akumulasi jarak 100 km dalam sebulan (which I never did before, paling tinggi 80 km sebulan). Nggak muluk-muluk pengen juara soalnya merubah diri dari yang awalnya mager olah raga, benci lari, nggak mau ikutan race, dan nggak punya target sama sekali aja udah cukup untuk dapet apresiasi. Di race ini anak kantor yang lain tiap hari lari kayak kesetanan. Sehari lari 40km, 20km pagi dan 20km sore. Meanwhile aku santai aja, lari 2 hari sekali 5km, kalo weekend 10km. Eventually I did it! Dapet 10 besar kategori cewek 4 minggu berturut-turut dengan akumulasi jarak 100km lebih dikit. Lesson number four: start small, start now, appreciate small wins.

Lari adalah awal mulaku untuk tertarik sama olah raga lainnya, kayak yoga, zumba, BL, aeroBL, HIIT workout, dll. Setelah race itu selesai aku masih rutin lari minimal seminggu 2 kali 5km until.. covid strikes hahaha. Semenjak covid jadi nggak pernah lari, diganti home workout. Nggak sanggup hamba kalo harus lari pake masker. Apalagi sejak pindah Bandung, makin nggak sanggup karena tracknya hilly, kecuali kalo mau cari track khusus running. Paling mentok jalan aja biar tetep bisa pake masker dan di track sekitar rumah. Atau diganti home workout.

On a side notes, belajar lari has taught me lots of things. Bahwa hidup itu ya mirip kayak marathon. Setiap orang punya pacenya sendiri-sendiri dan yang penting bukan seberapa cepet kamu lari, tapi seberapa jauh kamu udah melangkah dan berproses towards your finish line. Di tengah-tengah kadang capek banget, istirahat atau memperlambat pace itu boleh banget, tapi jangan berhenti dan nyerah kecuali kalo kamu udah ngerasa sakit dan nggak kuat lagi. Kalo lagi long run juga kadang rasanya pengen cepet selesai, dikit-dikit ngecek di app ini udah km berapa. Padahal harusnya nikmatin aja prosesnya. Lari lari lari dan lari lagi sampai ke finish line. Lesson number five.

Btw, aku jadi kangen pengen lari lagi. Semoga dunia segera membaik, covid ilang, dan aku nggak banyak excuse.


Comments

Popular Posts