Perkemahan Teladan Bakti

yak, aku baru pulang kemah dan ini bukan kemah biasa, ini kemah luar biasa buat aku, beda dari kemah-kemah yang sebelumnya. awalnya, i'm really not excited with this event. why? cause i've think too much for this event. kalo kemah-kemah pramuka yang udah pernah, yang sd smp dulu itu sih nggak kebanyakan mikir. mungkin karena aku nggak terlalu niat dan minat, jadi cuma tau sandi sekenanya, simpul juga asal-asalan, terus juga cuma asal ngikut jelajah desa dan jurit malam, selesai. sementara kemah yang ini, sekali lagi karena aku berpikir berlebihan, aku jadi menganggap terlalu serius dan terlalu berat program-program di dalemnya.

yak, seperti yang kubilang kemahnya beda, bukan kemah pramuka, tapi kemah bakti. kita berbakti untuk sebuah desa supaya desa itu lebih maju. taun ini, angkatan 2013 dan 2012 dibagi jadi 5 divisi, ilmu pengetahuan, apresiasi seni, pemuda dan olahraga, rohis, rohkathkris dan aku termasuk ke dalam divisi IP yang terdiri dari SIGMA dan TSC. yang bikin shock lagi adalah, aku koor sie program! semacam penanggung jawab program dan sie pubdok. pas pertama aku ragu, mau jadi apa gue? gue anak bau kencur mah kalo masalah beginian

nah, program-program IP itu menghias sekolah (mural dan poster), les MIPA, AMT (achievement motivatin training(?)), ice breaking, LCC, kriya, pelatihan jurnal dan mading (ini program gue), lomba menggambar dan lukis kain. noh diliat dari judulnya aja udah keren banget ya, pelatihan jurnalistik dan mading. awalnya aku bikin sasaran untuk kelas 7 SMP, tapi dijadwal berubah jadi kelas 4 dan 5 men! anak-anak kecil. ini shock#2 gue, tapi gue stay cool

kita berangkat tanggal 23 Juni naik bis kota lalalala aku tidur di jalan lalalala dan sampai. tempatnya di Saptosari, Karang Jetis, Gunung Kidul. lapangannya super besar dan itu lapangan, bukan bumi perkemahan. tendanya juga super besar, udah didiriin sehari sebelumnya, muat buat 30an orang. dan kalian harus tau hawanya gimana, di tengah matahari yang bersinar dengan semangat bara kuda, anginnya dingin men, anginnya dingin! tapi itu justru bikin pusing kepala lho :B

oke deh, program yang itu satu per satu dijalani sesuai jadwal, dan tiba saatnya matahari terbenam. this is the unforgetable one, star gazing with keboxgatel, at saptosari. you should know how it feels. hawanya dingin bos. banyak angin. seger sih, tapi dingin. dan sekali lagi kalian harus tau bintangnya bikin terharu. unyunya kelewatan super duper. malemnya itu nggak ada awan dan jarak pandang kita luas banget, nggak ada bangunan, nggak ada pohon. berasa di planetarium dan kita bisa belajar astronomi pake mata telanjang dan nemuin rasi bintang di sana. subhanallah, gila gue suka banget malem di sana :DD

oke, sleep time dan malam pertama nggak bisa tidur sama sekali. kayaknya aku tidur di bagian yang ada batunya dan punggungku sakit dan semua badanku sakit. akhirnya sampe jam 3an cuma merem doang, kayak setengah sadar, setelah itu baru bisa beneran tidur selama 2 jam.
malam kedua aku baru bisa tidur nyenyak tapi itu cuma sampe jam 3an. waktu itu pintu tenda nggak bisa ditutup sebelah dan dibiarin kebuka. bayangin betapa dinginnya. dingin gilak men, dan mulai jam 3an aku cuma miring ke kanan miring ke kiri :B

programku, pelatihan jurnalistik dan mading. sebenernya sampai H-sekian jam konsepku belum mateng dan aku deg degan itu bakal nggak berhasil. aku takut adeknya pada krik krik dan nggak antusias. ternyata bener aja, aku gagu mbagi kelompok dan krik krik mbuka forum. akhirnya diambil alih mbak fanny sampe forum terbagi jadi 3 (redaksi, reporter, ilustrator). aku megang yang redaksi. awalnya susah banget mancing adeknya supaya mau nulis. tapi akhirnya pada mau, walaupun kebanyakan bisanya bikin pantun, nggak ada yang mau bikin cerpen. oke deh nggak papa. akhirnya madingnya jadi dan aku seneng banget gilak, walaupun yang nempel dan ngehias bukan adik-adiknya


oh ya, yang nggak bisa lupa dari kemah ini selain malemnya yang jos top dan super menyenangkan adalah dua anak kecil yang menggemaskan dan mengesankan. yang pertama namanya Slamet. yang ini aku udah tau lama, dari sejak prabakti. mukanya unyu polos dan yang bikin aku ngeh pertama kali adalah semangatnya dia ngacungin tangan waktu les MIPA. aku jadi niteni nih anak terus selama 3 kali aku prabakti dan selama 3 hari aku kemah. ternyata ada cerita mengharukan dibalik kehidupan si slamet ini. yang kedua namanya Lina. dia anak yang ikut forum redaksi sama aku. mukanya sangar dan dia pengen jadi polwan, beda sama anak anak lain yang mukanya pada malu malu takut, padahal dia cewek. tapi dari sekian anak yang seforum sama aku, dia yang paling inget sama aku. suatu hari sepulang dari ngajari mading, aku balik lagi ke SD-nya Lina. aku baru sampai di gerbang, dia dari jauh udah lompat-lompat sambil teriak, "Mbak Rizkaaaaa" dan aku terharu. aaaaaa adeknya inget sama aku, girang gitu lagi liat aku. terus aku ngobrol agak banyak sama dia :DD

lina itu yang kerudungnya coklat. sangar kan? :P


Slamet, Lina, saptosari's night, MI yappi karang i'll miss you :)

Comments

Popular Posts